jambaaaan dan sekitarnya

Selasa, 03 Januari 2012

Cara - cara Menginstal Windows XP

Terkadang komputer yang kita pake bermasalah entah karena virus atau karena file system yang terhapus tanpa sengaja. Biasanya komputer tidak mau melakukan booting. Booting itu sendiri adalah proses loading file file utama (kernel) untuk memulai system operasi kedalam memory yang terjadi sesaat setelah kita menyalakan komputer kita. Bila komputer kita terjadi error atau bluescreen di komputer itu artinya operasi system komputer kita mengalami kerusakan dan harus kita install ulang atau di repair. Repair itu sendiri adalah memperbaiki system windows kita tanpa harus menghapus program program yang sudah teinstall di komputer kita. beda dengan install ulang yang mengakibatkan semua program yang di harddisk khususnya di lokal C dimana file system berada akan hilang. 

Yuk kita install sendiri komputer kita, daripada dibawa ke tukang service kan lumayan mahal tuh :D. Berikut ini langkah langkah sederhana menginstall windows xp: 

1.Siapkan Cd Instal Windows XP yang bootable (cd windows xp yang bisa booting/bootable). Masukan CD installer Windows Xp kedalam Cd room anda. 

2.Restar bios computer. 

3.pilih booting awal ke Cd rom Untuk mengganti booting awal ke cd room, kita bisa masuk ke bios dengan cara restart computer lalu tunggu tulisan Pres Del to enter setup, dan kita harus menekan tombol Del yang ada di keyboard. Otomatis tampilan layar monitor akan menuju bios biasanya warna biru, kemudian cari sub menu yang memanagement booting (biasanya sub menu advance bios feature-boot sequence). Jika Motherboat komputer kita keluaran terbaru untuk mengganti booting awal ke cd room anda cukup menekan tombol F8 atau F10 atau F11. 

4.Setelah proses booting berhasil kemudian ada tulisan pres any key to boot from cd, maka kita harus menekan salah satu tombol di keyboard (misal tekan enter), setelah itu layar computer otomatis menjadi warna biru. 

5.Setelah muncul layar window setup (tulisan window setup berada dipojok kiri atas), tunggu.. 

6.kemudian muncul layar window xp proses setup (tulisan ini juga berada pada pojok kiri atas).dilayar ini anda akan dihadaokan pada pilihan seperti : 

To setup window xp press ENTER 
To repair winows xp installing using recovery press R 
To quit setup press F3 
Pada pilihan-pilihan tersebut anda pilih pilihan yang teratas yaitu anda tekan ENTER 

7.Lalu kita akan dihadapkan pada layar window xp licenci agreement tekan aja tombol F8

8.Kemudian kita akan dihadapkan pada layar windowxp process setup, dilayar ini terdapat juga pilihan-pilihan seperti : 

To repair, press R 
To continue , press ESC (escape) 
Pada pilihan-pilihan tersebut kita pilih, pilihan yang kedua yaitu tekan ESC. 

9.Kemudian kita akan dihadapkan lagi pada pilihan-pilihan, (funkynetter.com) seperti : 

To setup, press ENTER 
To create Press C 
To delete Press D 
Pada pilihan-pilihan tersebut kita pilih, pilihan yang teratas yaitu tekan ENTER 

10.Kemudian kita juga akan dihadapkan kembali pada pilihan-pilihan, seperti : 

To Continue, Press C 
To Select Different Press ESC 
Pada pilihan-pilihan tersebut kita pilih, pilihan yang teratas yaitu anda tekan C 

11.Lalu ada pilihan-pilihan lagi, seperti : 

NTFS (Quick)
FAT (Quick)
NTFS
FAT
Confert to NTFS/FAT
Leave No Change. 

Pada pilihan-pilihan tersebut terserah kamu mau pilih yang mana tergantung kamu apakah mau memakai system NTFS atau sytem FAT. Tuliasan Quick berarti saat anda memformat Drive C tersebut Prosesnya Cepat. 

12.Kemudian akan dihadapkan lagi pada pilihan-pilihan seperti : 

To Format, Press F
To Select, Press ESC
pada pilihan-pilihan tersebut kita pilih, pilihan yang teratas yaitu tekan F 

13.Lalu tekan ENTER. 

14.Tunggu Proses tersebut sampai selesai. 

15.Nanti akan muncul windows baru yaitu system meminta Serial Number, Waktu dan Area/Zona (pada saat memilih area/zona pilih GMT+7 yaitu area Jakarta/Bangkok) next dan ikuti petunjuk yang di berikan... samapi proses installasinya selesai... 

18.Setelah proses instalasi selesai, kemudian install aja Drivernya atau bisa download di internet kalau tidak punyai CD drivernya. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar